Death Note Dilarang Tayang di China

 


Lunatic News - Death Note Dilarang Tayang di China 

alo sobat lunatic balik lagi sama mimin yo di postingan mimin kali ini mimin bakal membahas anime Death Note Dilarang Tayang di China


Tahukah kamu? Anime Death Note dilarang tayang di Tiongkok / China. Anime ini dilarang karena dianggap dapat menginspirasi para pelajar di sana untuk melakukan pembunuhan.  Pasalnya, para pelajar di Tiongkok mulai membuat Death Note versi mereka sendiri dan menuliskan nama orang yang mereka tidak sukai seperti gurunya, atau bahkan tetangganya.


Tiongkok adalah negara yang sangat selektif dalam memilih apapun yang diizinkan masuk ke negara mereka. Alasan pelanggaran ini sebagian besar karena unsur kekerasan dalam anime tersebut.


Namun, dalam kasus Death Note pelanggarannya bukan karena unsur kekerasannya. Death Note sempat tayang beberapa episode di Tiongkok namun kemudian para murid di sekolah mulai membuat buku Death Note versi mereka sendiri dan mulai menuliskan nama guru-guru yang mereka benci di buku tersebut.


Tidak hanya sampai di sana, bahkan ada yang menuliskan orang-orang terdekat yang mereka benci seperti tetangganya. Karena hal tersebut pemerintah di sana mencekal penayangan anime Death Note.


Meski dilarang pemerintah, masyarakat Tiongkok tetap menonton anime Death Note dengan menggunakan Weibo, salah satu media sosial terkenal di Tiongkok. Sama dengan animenya, manganya pun tetap eksis di sana karena banyak penggemar mereka yang menggunakan media sosial seperti Weibo untuk menonton series tersebut.


Dari pantauan BBC pada tahun 2015, tagar #deathnote telah mencapai angka lebih dari 100 juta di Weibo. Dari tagar tersebut banyak ditemukan komentar pengguna Weibo tentang larangan tersebut.


Liu Qiang, menteri kebudayaan Tiongkok juga turut memberi komentar, katanya "Larangan ini akan menjaga perkembangan kesehatan anak-anak muda."


Karena komentar tersebut salah seorang pengguna Weibo juga memberikan komentarnya: "Apa kalian menginginkan kami yang berusia 20-30 tahun untuk menonton kartun anak-anak?"



Pemerintah Tiongkok sebelumnya telah berselisih dengan media Jepang selama satu dekade. Pada tahun 2004 sebuah survei menemukan bahwa sebagian besar hiburan animasi favorit di Tiongkok berasal dari Jepang. 


Karena pemerintah yang sangat selektif, bukan hanya anime Death Note yang dilarang. Berikut beberapa anime yang juga dicekal di Tiongkok.


- Death Note


- Attack on Titan, dilarang karena kekerasan, gore, dan politik di anime ini dianggap menyinggung hubungan antara Jepang dan Tiongkok


- Tokyo Ghoul, dilarang tayang karena kekerasan dan banyak menginspirasi remaja di sana untuk menjahit kulit mereka


- Zankyou no Terror, dilarang karena dianggap membenarkan tindakan kejahatan dan terorisme


- Sword Art Online 2, dilarang karena alasan kejahatan terhadap moralitas publik


- Blood C, Another, Parasyte the Maxim, Afro Samurai dan yang lainnya karena satu alasan yang sama yaitu kekerasan atau gorenya


nah bagaimana menurut kalian? silahkan comment di  bawah


oke mungkin itu saja untuk pembahasan kali ini

see you next post


sumber : owibu.com

Mine7

Lonely In My Bed And Never Know About Outside World

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama